Author Topic: komsumsi daya listrik  (Read 6136 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

May 28, 2008, 01:53:17 PM
Reply #15

elizabeth

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 23
  • 0
Waduh berarti gw kegedean dong ya dayanya. 10 pc+AC 3/4 (2) +kulkas  7.700 watt. Stress nih. Kirain 1 PC 500 watt konsumsi listriknya.

May 28, 2008, 02:13:08 PM
Reply #16

blowfish

  • 100 kB/s
  • ***
  • Posts: 104
  • 1
Wa wil surabaya, memang kalo dari tarif ga ada kenaikan, tp ada sistem pembagian, maksudnya gini dimulai dari daya 6600 w keatas tarif dibagi tarif subsidi dan nonsubsidi,
yg subsidi tergantung daya dimeternya dan faktor. rumus na klo ga salah gini:
daya x faktor/1000 = kwh yg disubsidi
misal daya 10600
faktor na untuk daya 10600 itu 98 untuk kelas r3(rumah tangga), klo bisnis b2 adalah 96
kwh yg disubsidi = 10600x98/1000 = 1038.8 kwh itu dikalikan tarif normal rumah tangga.
Lupa wa tarif na untuk r3 10600 mungkin 500 - 600rupiah, tanya lagi ke pln na.
tarif NON SUBSIDI nya itu 1490 rupiah/kwh
Kalo misalnya pake listrik nya satu bulan 2000kwh
1038,8 x tarif subsidi (normal)
961,2 x 1490 = 1.432.188
plus biaya beban + ppn + ppj + sumbangan ini itu.

kira2 begitu perhitungan nya, kalo salah2 mohon dimaafkan

May 28, 2008, 04:21:26 PM
Reply #17

banzai

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 47
  • 0
yah...istilahnya insentif n disinsentif...
nama laennya kenaekan listrik kan...
jd udah ada yg ngerasa tagihan listriknya naek double???

kalo gitu...kenapa ga bikin yg segede mungkin aja listriknya...misal 50rbkva
biar dpt subsidinya rada gedean ya...
naekin listrik brp an ya...

May 29, 2008, 09:28:47 PM
Reply #18

gangsters

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 10
  • 0
permisi.....

gw kemarin bru aja dr PLN...
gw mau naikin dari 1300 ke 3300 watt.....

pas gw nanya2......org PLN nya nanya.....
mas buat ape listriknya??
buat bisnis warnet mbak....gw jawab

trus jawabnya......oh klo gitu mas bakal kena Tarif BERSINAR.....wekekeke.....
trus katanya,pemakaian dibawah 1250 kwh....bayaranya kira2 1 jt....
tapi klo kita make lebih dari 1250kwh.....jumlah kwhnya di kali kan Rp 850.....
misalnya kita make 1800kwh di kaliin aja ma Rp.850 =Rp 1.530.000

jadi intinya....klo kita make listrik buat bisnis kita bakal bersinar2 
maksudnya mata org PLN bakal bersinar2 ngeliat jumlah uang yg kita bayar hehehe.... :Peace:PLN

klo pendapat gw buat judul thread ini....
gw rasa kagak cukup man.....
pa lagi spek kompnya taun lama.....
bakal boros listrik....
klo mau naikin jangan kentang2.....
naikin aja ampe kira2 ada lebih sisa wattnya....
buat nambah2 komp klo dapet duit....kan ga perlu repot2 nambah daya lagi....
ya ga......

goodluck

June 23, 2008, 10:26:37 PM
Reply #19

kuntao

  • 100 kB/s
  • ***
  • Posts: 140
  • 0
@rizkie_smi : AC dan lampu²nya kali tuh bro.. kayaknya 1 unit cortuduo dengan perangkat standart itu nggak mungkin makan listrik lebih dari 600watt..(jadi harusnya bisa nyala lebih dari 5unit) sedangkan monitor lcd itu justru lebih irit listrik ketimbang crt..
biasanya alat² listrik/elektronik seperti tv/kulkas/ac maupun pc membutuhkan daya yg agak besar saat tarikan pertama.. jadi perhatikan jg toleransinya konsumsi listriknya..

@doubleclick : wagh..gw nggak tau alat yg ngelambatin meteran tuh..kalo kapasitas amper mcb di meteran'nya di naikin jg jadi lambat (sama aja kyk naekin daya) 
coba aja pake alat penghemat listrik,,skarang banyak alat gituan yg tinggal colok koq..sebelumnya biasa bayar +/- 1,5jt setelah pake lumayan bisa ngirit 100-200ribuan...oiya, bila beli alatnya, perhatikan kapasitas watt nya..

@gangsters : soalnya kelas bisnis bro beda sama kelas rumah..makanya pengurusan PLN juga membutuhkan alamat lengkap dan peta lokasi pelanggan.. biarpun bro nggak bilang buat warnet,, tetep aja nanti ketauan lokasi bisnis ato perumahan 

 
tarif daya listrik u6600w keatas sudah tidak di subsidi.. jadi 4400w khan masih di subsidi,,,
sedangkan kita butuh listrik 7000w,, jadi mau diakalin masang 2 meteran dengan 2 nama berbeda di lokasi yang sama.. meteran si A = 4400w trus meteran si B = 4400w..
(sama seperti kendaraan...1 rumah punya 3...STNKnya atas nama bokap, nyokap dan kakak untuk menghindari pajak progresif)
rencananya meteran atas nama A(4400w) khusus buat suplai PC..
lalu meteran atas nama B(4400w) di pecah jadi 2(mcb) dari meterannya..1 buat lampu²+AC+kipas dan 1mcb lagi buat tambahan suplai sebagian PC
bila di meteran 4400w menggunakan mcb dgn ukuran 20A maka setiap pecahan bisa menggunakan masing² 15A (minimal 10A)

tapi.......apa iya bisa dilakukan dan beban jadi lebih murah ???
ehhh...nggak maksud jelek lho...

lebih baik kita bikin listrik swadaya sendiri dengan memanfaatkan matahari/angin/air walopun itu hanya cukup untuk menyalakan lampu..toh kita akan lebih puas dan berbangga diri dengan cara penghematan seperti ini   

GBU

June 28, 2008, 10:11:16 PM
Reply #20

awk0r3

  • RTO
  • *
  • Posts: 8
  • 0
sebagai gambaran saya pernah ukur dengan watt meter untuk 1 unit pc dengan monitor 15" LCD = 134 WATT (Real). AC 1 PK = 735 WATT.

Selebihnya anda bisa hitung sendiri.

June 29, 2008, 02:21:15 AM
Reply #21

kuntao

  • 100 kB/s
  • ***
  • Posts: 140
  • 0
Quote from: awk0r3 on June 28, 2008, 10:11:16 PM
sebagai gambaran saya pernah ukur dengan watt meter untuk 1 unit pc dengan monitor 15" LCD = 134 WATT (Real). AC 1 PK = 735 WATT.

Selebihnya anda bisa hitung sendiri.
boleh tau spek PC dan merk ACnya??
dan saat diukur itu pada saat sudah berjalan apa pada saat sejak start??

1 PK =1 HP jadi seharusnya minimal 750 watt (Karena AC split, kipas nya dua, kipas luar untuk outdoor unit, kipas dalam untuk indoor unit). Merek tidak soal, yg penting lihat kemampuan pendinginnya, 1 PK seharusnya mempunyai daya pendingin 9000 btu/h.
Kalau ada promosi yg menyatakan AC 1 PK nya mengkonsumsi listrik dibawah 750 watt, perlu dipertanyakan !!!
Karena sudah tidak sesuai / menyalahi tabel konversi 1 HP = 746 watt. !!!
Ingat, starting AC membutuhkan 2~3 x daya input tertulis.

June 29, 2008, 03:07:25 PM
Reply #22

al-d

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 18
  • 0
bro, klo ga salah watt compy tuwh gede pas mulai nyalain compy aja khan?
trusz klo misalnya pas running [misalnya 200W] tuwh compy gak kan mungkin nyedot listrik 200W banget khan?

mohon dikasih tau perhitungan listrik pas lagi running, byar ane gak bingung bro,

thx b4 

June 29, 2008, 05:19:58 PM
Reply #23

hajime

  • 512 kb/s
  • ****
  • Posts: 874
  • 32
PC di bawah 10 unit, 2200 masih mampu.Warnetku kemarin cuma make 8 unit, CRT semua lagi, ac 1/2 PK, kipas 1, kulkas.Ngakalin pake lampu Phillips 15 watt ad 2 biji, 25 watt 1 biji.tips berhemat, kalo user cuman 1, matiin ac, komputer gada user, matiin, full user, nyalain ac +kipas.hemat energi, hemat biaya.

June 29, 2008, 08:30:19 PM
Reply #24

izzilinc

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 26
  • 0
iya betul kata pak hajime patokannya begini ajah beban standart PLN untuk golongan B12 pengertian berarti 2200 watt cukup untuk 10 unit komputer baik LCD maupun CRT monitornya, cuma kalo misalkan mati lampu komputer nya harus dinylakan satu persatu, ga bisa dinylakan berbarengan ncb nya pasti jepret terus.

jadi listrik 5500 itu sebenarnya cukup untuk 20 unit pc dan 2 unit ac, kalo pake ac yg hemat listrik malah bisa 3 ac, yg penting tidak melampui batas 6600 watt, dan jgn pernah punya kepikiran untuk menambah daya yg besar bgt biar dapet jumlah kwh subsidi nya besar pula, karena abodeman lebih dari 6600 watt sekarang sekitar Rp1.050.000, sedangkan untuk penambahan daya, kenanya Rp 100 per kwh jadi kalo listrik kita bertambah 5000 watt berarti yah kita harus bayar sekitar 5 jutaan.

lebih masuk akal sebenarnya pake cara pak kuntao, pake 2 kwh di 1 ruko, itu cuma yg penting ada kenal orang PLN bayar uang sogok dikit, yg dituhkan cuma surat peryataan yg menyatakan kalo ruko tersebut digunakan oleh 2 orang dan kedua orang tersebut meminta listrik mereka masing masing dengan persetujuan yg punya tempat, nah minta ajah 5500 watt 2 meter kurang lebih biayanya sekitar 11 jutaan cuma tiap bulan nya makenya aman dan ga usah takut kena beban kwh yg nonsubsidi

June 30, 2008, 12:30:16 PM
Reply #25

poensan

  • 10 kB/s
  • *
  • Posts: 26
  • 0
gw di sini pakai 2200 watt,

10 PC unit P4 core2 duo
6 Monitor LCD 15 "
4 Monitor CRT 17 "
1 PC Mikrotik tanpa monitor
1 Kulkas general
2 Kipas angin
1 neon box
7 Lampu TL
1 Ac samsung 1/2 PK

Waktu ac di nyalain listrik down..mati deh semua...jd kalo ac di matiin baru bisa normal lagi.

Jadi kesimpulan TS ma gw sama, 2200 watt itu kg kuat buat 10 PC.



Oia, mo tanya kalau atas nya 2200 wat itu brp aja ya???

June 30, 2008, 09:42:35 PM
Reply #26

jam6

  • 50 kB/s
  • **
  • Posts: 64
  • 0
Quote from: poensan on June 30, 2008, 12:30:16 PM
gw di sini pakai 2200 watt,

10 PC unit P4 core2 duo
6 Monitor LCD 15 "
4 Monitor CRT 17 "
1 PC Mikrotik tanpa monitor
1 Kulkas general
2 Kipas angin
1 neon box
7 Lampu TL
1 Ac samsung 1/2 PK

Waktu ac di nyalain listrik down..mati deh semua...jd kalo ac di matiin baru bisa normal lagi.

Jadi kesimpulan TS ma gw sama, 2200 watt itu kg kuat buat 10 PC.



Oia, mo tanya kalau atas nya 2200 wat itu brp aja ya???

kalau di atas 2200 ya 2201, 2202, 2203, dst...

maksudnya daya yg tersedia di atas 2200 yah?
ada 3500 (16A), kemudian 5500 (25A), 7700 (35A), dan 11000 (50A).
Kalau diatasnya lg gada deh kek nya, kecuali ganti meteran 3 phase baru bisa lebih gede..

June 30, 2008, 10:37:52 PM
Reply #27

hajime

  • 512 kb/s
  • ****
  • Posts: 874
  • 32
nih bocoran dari gua yah.Sebaiknya waspadalah memasang daya listrik.Kata bokap gua (kebetulan bokap pegawai PLN, divisi HARDIS, jadi jago itung-itungan listrik). PLN itu banyak merugikan pelanggan.Karena apa? Sebenarnya hampir 85% travo di Indonesia mengalami overload, artinya apa? Karena banyaknya konsumsi arus listrik (termasuk pencurian arus listrik) maka travo2 tersebut sudah menurun kapasitasnya. Sementara PLN sekarang tidak bisa mengadakan travo baru lagi, kecuali travo yang sudah tua itu direfurbish (entah gulungannya dirapiin kek, atau diminyakin, dsb). Jadi imbasnya apa? Ke pelanggan, misalnya masang daya 900 watt.Apakah benar akan menerima daya sebesar itu? Ternyata tidak, seiring menurunnya kemampuan travo, PLN 'cuma memberikan anda "up to 900 Watt", dengan batas minimal 850 watt. Artinya PLN cuma menjamin anda hanya menikmati kapasitas 850 watt, syukur2 bisa dapat 900.(Mirip2 Speedy nih PLN)!
intinya, makin besar daya yang anda pasang, maka semakin besar pula daya listrik yang dipotong sama PLN.Dan ini terus terang merugikan, karena apa? Di satu sisi, PLN ngaku ngasih subsidi, tapi pada kenyataannya, PLN juga memotong hak daya listrik pelanggan.Jadi bohong besar, kata bokap, kalau PLN itu rugi-rugi-rugi dari tahun ke tahun!PLN merugi karena KKN, that's the point!Udah ngaku kasih subsidi, ternyata tidak, malah listrik kita digarong!
Di rumah udah di tes ama bokap, daya gua 2200 watt, yang masuk ternyata cuma 2000-an watt.
Solusinya, gunakan penghemat listrik, gunakan perangkat hemat listrik, jangan sekali-sekali berfikir nambah meteran, karena makin banyak meteran beredar, otomatis semakin banyak pula beban trafo yang ada.Udah ngerasain kan dampak pemadaman bergiliran? Jadi, gua sendiri, untuk sementara ini, dilarang ama bokap nambah komputer, karena bisa mengganggu stabilitas trafo di sekitar rumah.

July 05, 2008, 08:51:59 PM
Reply #28

kuntao

  • 100 kB/s
  • ***
  • Posts: 140
  • 0
iya jg siy,, salah satu faktor yg membuat tegangan listrik suka turun-naek ya itu mungkin karna dari faktor usia travo'nya udah uzur..(antisipasinya pasang stabilizer)

nahh..alat penghemat listrik itu jg menyetabilkan tegangan..jadinya listrik pun hemat..